Bagaimana Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email ? Cara Yang Benar

Cara mengirim surat lamaran kerja melalui email yang baik dan benar memang tidak selalu di ketahui oleh par pencari kerja. Beberapa orang bahkan tidak mengerti sama sekali tentang membuat surat lamaran kerja via email. Lalu bagaimana cara menulis email dan mengirim surat lamaran yang sesuai dengan ketentuan terbaru ?

Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email
Mengirim Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Cara mengirim surat lamaran kerja melalui email dengan benar

Semakin berkembangnya zaman juga di ikut dengan kemudahan untuk melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dalam melakukan lamaran kerja. Dahulu hanya surat lamaran kerja yang ditulis tangan yang bisa di terima sebagai bahan pertimbangan interview kerja, namun sekarang tidak demikian.

Mudahnya akses internet membuat banyak perusahaan memilih untuk memanfaatkan kelebihan internet dalam mencari calon karyawan. Selain karena lebih efektif, surat lamaran via email juga dianggap lebih efisien karena perusahaan akan lebih mudah mengontrol surat lamaran yang masuk.

Manfaatkan email dalam membuat surat lamaran kerja juga di anggap lebih praktis terutama untuk pelamar kerja. Tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor pos hanya untuk mengirim surat lamaran kerja. Selain itu biaya yang digunakan untuk membuat surat lamaran kerja via email lebih murah.

Namun ada juga kekurangan dalam menulis surat lamaran via email yang membuat fatal atau tidak sampai kepada perusahaan yang di maksud sehingga membuat pencari kerja tidak mendapat jawaban sesuai keinginan. Hal itu biasanya disebabkan salah dalam penulisan alamat email. Maka dari itu Anda harus berhati-hati dan cermat menulis alamat email perusahaan yang di tuju.

Sebelum membuat email untuk surat lamaran kerja via online, sebaiknya Anda persiapkan berkas-berkas berikut yang sudah di scan :

  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Ijazah terakhir
  • Ktp
  • Surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK
  • Transkrip nilai
  • Sertifikat keahlian ( Jika ada )



Jika semua berkas-berkas di atas sudah Anda siapkan dan sudah di scan, Anda sudah bisa menulis surat lamaran kerja melalui email dan segera mengirimkannya.

Melakukan scan setiap berkas

Anda tentu tidak asing dengan kata “ Scan “, yaitu suatu kegiatan untuk merubah atau memindai file seperti teks dokumen maupun foto. Semua file yang di inginkan dirubah menjadi data digital sehingga akan lebih mudah jika hendak digunakan.

Umunya file yang digunakan dalam membuat surat lamaran via email ialah dengan merubah file menjadi format PDF. Meskipun tidak semua perusahaan mengharuskan format PDF, namun banyaknya kelebihan dari format PDF menjadi sangat di sarankan bagi Anda yang ingin membuat surat lamaran terbaik via online.

PDF memiliki kualitas yang sangat bagus dengan ukuran yang relatif sangat kecil. Oleh karena itu, ketika kita hendak mendownloadnya tidak akan memerlukan waktu yang lama. Coba bayangkan jika sebuah perusahaan harus mendowload semua file yang memiliki memori besar sedangkan ada banyak sekali pelamar kerja via online.

Baca juga : “ Info Lowongan Kerja Terbaru

Namun ingat, PDF sebaiknya hanya digunakan pada berkas selain foto. Jika Anda ingin mengirim foto terbaru dengan kualitas baik namun memiliki ukuran yang kecil, Anda bisa melakukan compres foto via online terlebih dahulu.

Perhatikan subyek sebuah email

Banyak orang menganggap remeh terhadap penulisan subyek pada email. Padahal dalam penulisan surat lamaran kerja, subyek cukup berpengaruh dalam proses pencarian kerja. Hal itu disebabkan karena perusahaan menerima banyak email. Sehingga perusahaan akan mudah dalam membedakan email lamaran kerja dan email-email lain yang masuk ke perusahaan.

Subyek sebuah email biasanya terletak di bawah alamat email ( Gmail ). Anda cukup menuliskan tag “ Surat lamaran kerja “ pada subyek. Dengan begitu pihak perusahaan akan lebih mudah membaca email Anda.

Isi pesan Email

Walaupun menulis surat lamaran kerja melalui email serta tujuan penulisan sudah jelas, akan tetapi isi pesan email harus tetap diperhatikan. Isi pesan email bertujan untuk menggantikan surat lamaran kerja yang di tulis tangan yang nantinya juga memberikan keterangan lampiran.

Upload file yang sudah di scan

Langkah terakhir setelah hal-hal di atas sudah dilakukan ialah mengupload file yang sudah di scan ke email lewat menu lampiran. Namun ingat untuk file yang sudah di scan harus di beri nama file dan juga jenis formatnya sesuai dengan file tersebut. Ini bertujuan agar mempermudah phak perusahaan ketika hendak membaca lamaran pekerjaan Anda.

Setelah semua file sudah di upload, Anda hanya perlu mengirimkan email tersebut. Akan tetapi tidak ada salahnya sebelum mengirim email untuk mengecek semua berkas dan tulisan supaya terlihat lebih profesional.

Jenis email yang biasa digunakan dalam membuat dan mengirim lamaran kerja

Gmail

Surat Lamaran Kerja Melalui Email
Surat Lamaran Kerja Melalui Email

Gmail merupakan layanan surat elektronik milik Google. Pemakai bisa mengakses Gmail dalam bentuk surat web HTTPS, protokol POP3 maupun IMAP4. Gmail diluncurkan dengan sistem undangan dalam bentuk Beta pada 1 April 2004 serta tersedia untuk publik pada 7 Februari 2007 walaupun masih menyandang status Beta.

Yahoo Mail

Mail yaitu sebuah penyedia surel (webmail) dari Yahoo!. Yahoo sempat menjadi penyedia surat elektronik terbesar di dunia dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail yakni Gmail, Windows Live Hotmail serta AOL Mail.

Kelebihan menggunakan email sebagai surat lamaran kerja

Cepat. Mengirim surat lamaran kerja melalui Email bisa berlangsung lebih cepat dibanding dengan pengiriman via jasa pengiriman kilat. Asalkan jaringan internet yang Anda pakai tak memiliki masalah maupun kendala. Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengirim surat lamaran kerja menggunakan email ke banyak perusahaan sekaligus.



Pengiriman pesan dengan format multimedia. Saat ini email tak cuma dipakai untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks saja, akan tetapi juga dapat berupa file multimedia yang meliputi gambar, suara, video, atau sebuah aplikasi maupun program komputer.

Mudah. Anda tak perlu pergi ke kantor pos, membeli sebuah amplop serta perangko guna bisa mengirim sebuah pesan. Hanya cukup duduk didepan sebuah komputer yang terhubung ke sebuah internet. Anda cukup mengetik isi pesan yang akan di sampaikan untuk mengirim surat lamaran pekerjaan.

Murah. Biaya pengiriman email amat ekonomis apabila dibandingkan dengan memakai surat via pos atau jasa pengiriman lain. Terutama apabila Anda mengirim surat lamaran ke luar daerah yang jauh bahkan sampai ke luar negeri.

Reliabel. Anda bisa menyimpan email di server penyedia layanan email serta tak akan mudah hilang, kecuali Andda menghapusnya.

Hemat. Dengan memakai email, maka tak perlu membeli kertas, pulpen maupun tinta printer untuk mencetak surat ketika akan mengirimkan surat lamaran. Isi pesan dalam sebuah email bisa digandakan serta dikirim kembali ketika diperlukan tanpa mengeluarkan biaya untuk kedua kalinya.

Itulah beberapa cara bagaimana mengirim surat lamaran kerja melalui Email terbaru yang diharapkan membantu menambah wawasan Anda. Jangan lupa share kepada teman-teman Anda melalui media sosial supaya artikel infolowongankerja.org lebih bermanfaat. Terimakasih.