Persyaratan Kerja Satpam Terbaru

Sempatkah Anda berpikiran untuk bekerja sebagai Satpam ? Satpam banyak diperlukan di beberapa instansi, proyek atau pun badan usaha. Tidak heran jika banyak yang berminat melamar kerja menjadi  satpam sebagai bentuk pekerjaan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah karena fasilitas yang diberikan dan  gaji yang baik. Berikut merupakan penjelasan seputar persyaratan kerja Satpam yang harus diperhatikan jika hendak melamar.

Persyaratan Kerja Satpam Terbaru
Persyaratan Kerja Satpam Terbaru

Persyaratan kerja Satpam

Sebelum membahas lebih jauh mengenai persyaratan kerja Satpam, tahukah Anda apa itu Satpam ? Satpam merupakan saingkatan dari satuan pengamanan ( Satpam ) yang di bentuk berdasarkan pelatihan khusus guna melakukan keamanan fisik atau (physical security). Pembentukan Satpam juga diharapkan mampu membantu dalam mengemban fungsi kepolisian. Hal itu dibuktikan dengan diresmikannya pembentukan pada 30 Desember 1980.

Dalam persyaratan kerja Satpam yang baik, jenjang pelatihan juga harus dilakukan yang biasanya dikenal dengan Dasar, Penyelia dan juga Manajer keamanan. Masing-masing pelatihan akan mendapatkan pendidikan yang khusus sesuai dengan tingkatannya.

Dasar atau Gada Pratama

Gada pratama adalah pelatihan pertama dalam pembentukan calon anggota satpam yang tersertifikasi. Untuk waktu lamanya pelatihan biasanya akan disesuaikan oleh penyelenggara. Beberapa materi yang diberikan ialah tupoksi ( Tugas pokok dan fungsi ), kemampuan kepolisian terbatas, pengenalan bahan peledak, pelatihan bela diri, latihan menembak, pengenalan zat adiktif atau psikotropika, penggunaan tongkat dan borgol, serta pengenalan baris berbaris serta penghormatan.

Penyelia

Penyelia atau biasa juga disebut dengan Gada madya adalah pelatihan lanjutan untuk calon anggota satpam yang sudah lulus dalam pelatihan dasar.



Gada utama

Pada pelatihan yang ketiga, tidak semua anggota dapat ikut dalam pelatihan, hanya setingkat manager yang boleh ikut, seperti chief security officer.

Selain lembaga pendidikan kepolisian negara, hanya perusahaan yang sudah mempunyai izin operasional dari POLRI yang boleh menyelenggarakan pelatihan.

Syarat dan berkas yang perlu disiapkan untuk proses pelamaran sebagai Satpam

Berikut beberapa persyaratan kerja Satpam dan berkas yang perlu disiapkan :

  • Pria / Wanita berusia produktif ( Umur maksimal untuk Pria 35 Th / Wanita 25 Th )
  • Tinggi badan untuk Pria 170 Cm/ Wanita 155 Cm
  • Surat lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup
  • Pas Foto berwarna 4 X 6 sebanyak 4 lembar
  • Fotocopy ijazah terakhir
  • Foto Copy KTP sebanyak 1 lembar
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter / Puskesmas
  • Foto Copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari kantor Polisi.

Beberapa persyaratan kerja Satpam di atas umumnya akan disesuaikan dengan kebutuhan oleh peruhsaan yang sedang membutuhkan. Namun anggota Satpam yang tersertifikasi biasanya akan lebih diutamakan dibanding dengan Satpam yang masih ilegal atau belum tersertifikasi.

Baca juga : ” Persyaratan Kerja Di Jepang

Tugas Satpam

Tahukah Anda jika Satpam tidak hanya melakukan pengamanan saja ? Berikut beberapa tugas Satpam yang mencakup keamanan :

  • Melapor serta menangani kejadian serta panggilan atau permintaan bantuan Satpam termasuk konsep, pemasangan serta pemeliharaan sistem alarm.
  • Mencegah serta deteksi dini pencurian, kehilangan, penyalahgunaan maupun penggelapan perlengkapan dan peralatan berharga milik perusahaan
  • Mencegah serta deteksi dini aktifitas maupun seseorang yang masuk secara tidak sesuai prosedur, vandalisme maupun penerobos/peloncat pagar di Area kuasa perusahaan
  • Melindungi pada bahaya fisik
  • Menjalankan penegakan tata tertib serta menerapkan setiap kebijakan perusahaan diikuti dengan praktik-praktik dalam rangka pencegahan tindak kejahatan
  • Melakukan kontrol atau pengendalian, pengaturan lalu lintas (orang, kendaraan dan barang) untuk menjamin perlindungan aset perusahaan
  • Melapor serta menangani awal (TPTKP) pada pelanggaran.

Semoga info persyaratan kerja Satpam di atas membantu untuk Anda yang berminat berkarir dalam bidang keamanan. Jangan lupa share kepada yang lain supaya informasi lebih bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Perlengkapan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk kerja Satpam

  • Buku saku lapangan atau buku tulis
  • Senter atau lampu jika tugas dilakukan malam hari
  • Alat komunikasi
  • Peralatan untuk melindungi diri
  • Pakaian dinas atau seragam

Anggota satpam juga dilengkapi dengan senjata api jika tempat kerja digolongkan sebagai pekerjaan vital dengan didasarkn pada sifat, ruang lingkup kerja dan juga ancaman kerja. Namun saat ini senjata api yang bisa digunakan oleh Satpam biasanya jenis senjata api bahu dan juga senjata genggam jenis revolver dengan kaliber antara 0.32 sampai 0.22.



Seragam Satpam H3

Disetiap negara memiliki perbedaan seragam Satpam. Di Indonesia seragam Satpam saat ini baru terdiri dari 3 jenis yaitu :

Warna seragam safari Biru-Biru digunakan dengan sepatu PDH serta untuk anggota satpam yang bertugas di instalasi maupun fasilitas khusus semacam tugas pengamanan di cafe, ba, Hotel dll. Seragam tersebut juga digunakan untuk petugas keamanan pribadi.

Putih-Biru, digunakan dengan dikombinasikan sepatu PDH serta kaos dalam warna putih yang digunakan untuk anggota satpam yangtersebutrtugas sistem shift didalam ruangan.

Baca juga : ” Info Lowongan Kerja

Sabuk dikaitkan dengan tongkat, borgol, serta kantong tambahan lainnya guna menyimpan hal-hal kecil yang mungkin dibutuhkan. 2 lambang bordir berupa lingkaran dijahit di ujung kerah kanan serta kiri. Tali kur berwarna hitam. Dasi berwarna biru tua seperti celana. Baju wajib dimasukkan ke celana. Sabuk kopel berwarna hitam. Atasan kepala yang dipakai ialah topi maupun topi pet dengan logo Satpam. Lambang POLDA dilengan sebelah kanan serta Lambang perusahaan dilengan sebelah kiri. Bordir nama diatas kantong baju sebelah kanan serta bordir “SATPAM” diatas kantong baju sebelah kiri.

Seragam dengan warna biru dan biru tua, digunakan dengan sepatu PDL serta dalaman kaos biru yang digunakan untuk anggota yang bertugas diluar ruangan semacam PKD, keamanan di area parkir, pengaturan akses masuk maupun keluar instalasi, pengaturan lalulintas, dll. Seragam tersebut juga digunakan ketika shift malam hari. Sabuk harus dikaitkan dengan tongkat, borgol serta kantong tambahan lainnya guna menyimpan hal-hal kecil yang mungkin dibutuhkan.

PKD memakai helm putih serta selain PKD semacam keamanan parkir maupun keamanan instalasi bagian luar menggunakan topi. Baju wajib dimasukkan ke celana serta celana wajib dimasukkan ke dalam sepatu PDL. Lambang POLDA dilengan sebelah kanan serta Lambang perusahaan dilengan sebelah kiri. Sabuk kopel, tali kur serta dahrim berwarna putih.

Terdapat 2 lambang bordir, yaitu berupa lingkaran harus dijahit diujung kerah kanan dan kiri. Pengaturan lalulintas menggunakan rompi hijau dengan bordir “SECURITY” dibelakang. Selain itu, bordir nama diatas kantong baju sebelah kanan serta bordir dengan tulisan “SATPAM” diatas kantong baju sebelah kiri.

Seragam pada anggota satpam di negara Indonesia diatur oleh Undang-undang dengan ketentuan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Seragam satpam di Indonesia yang tidak sesuai dengan ketentuan undang-undang dianggap bukan atau tak dianggap sebagai satuan pengamanan sah dibawah naungan Polri.

Note : Persyaratan sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung dari perusahaan yang membutuhkan. Dan segala informasi yang di salahgunakan tidak menjadi tanggung jawab Infolowongankerja.org