Apa Saja Syarat Kerja di Korea ? Ini Persyaratannya

Sebagian dari kita pasti pernah berpikiran untuk berlibur ke luar negeri khususnya korea, namun umumnya memiliki kendala dalam pembiaya’an. Lalu bagaimana jika kita ke korea untuk bekerja ? Dengan begitu kita juga bisa berliburan negeri ginseng tersebut. Lalu apa saja syarat kerja di Korea ?

Syarat Kerja di Korea
Syarat Kerja di Korea

Syarat kerja di Korea untuk pria dan wanita

Korea merupakan semenanjung antara Tiongkok dan Jepang dengan kemajuan ekonomi yang sangat baik. Korea terbagi menjadi 2 bagian yaitu Korea selatan dan Korea utara setelah perang dunia kedua.

Banyaknya lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh Negara Korea terutama korea selatan membuat warga Indonesia banyak memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bekerja sekalian berlibur kesana. Namun tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui apa saja syarat untuk bekerja di korea.

Beberapa syarat umum untuk bekerja di korea diantaranya :

  • Usia 18-35 tahun saat mendaftar
  • Pendidikan minimal SMK atau sederajat
  • Memiliki perilaku baik atau memiliki SKCK
  • Tidak bertindik
  • Tinggi buta warna
  • Tidak cacat
  • Tidak memiliki pencekalan keluar negeri
  • Tidak ada catatan deportasi
  • Tidak memiliki riwayat penyakit serius seperti TBC, sipilis atau hepatitis

Syarat diatas hanya syarat umum saja, adapun syarat lain yang dapat menentukan seseorang layak bekerja di korea atau tidak. Untuk persyaratan selain syarat umum, Anda bisa masuk ke salah satu LPK terpercaya di daerah Anda.

LPK merupakan lembaga pelatihan kerja terpadu yang sudah disesuaikan dengan Negara tujuan calon karyawan. Sehingga LPK memiliki program yang akurat dan terpercaya sebagai lembaga penyiapan calon pekerja. Jika Anda hendak menggunakan jasa LPK sebagai penunjang pemberangakatan, usahakan LPK tersebut sudah bekerja sama dengan BNP2TKI.

Cara melamar kerja ke Korea via online

Adapun melamar kerja ke korea dengan cara lewat online yaitu memanfaatkan BNP2TKI ( Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ). BNP2TKI adalah jalur resmi pemerintah untuk program penyaluran tenaga kerja ke Korea dengan program Go 2 Go ( G2G ).




Anda dapat mengakses website resminya di g2g.bnp2tki.go.id dan mengirim dokumen sebagai syarat pendaftaran untuk bekerja di Korea.

  • Scan ktp terbaru atau yang masih aktif
  • Scan ijazah asli pendidikan terakhir
  • Scan passport yang masih berlaku jika ada
  • Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.

Untuk seseorang sudah pernah mengikuti program HRD Korea Resettlement Support Training untuk wajib menyertakan scan asli formulir. Beberapa sertifikat diantaranya :

  • Sertifikat TOPIK level 3 atau lebih
  • Sertifikat pelatihan bahasa korea
  • Sertifikat pelatihan ketrampilan kerja ( Job skill training for employment. Starting business ).

Masing-masing file yang dikirim sebagai pra pendaftaran harus di SCAN bukan di foto.

Setelah mengirim data diatas, masih ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa sampai bekerja di Korea, contohnya ialah dengan melakukan pembayaran biaya pendaftaran, mengikuti ujian yang sudah disediakan, wawancara dll.

Baca juga : ” Persyaratan Kerja Di Jepang Terbaru

Penting untuk di ingat bahwa seseorang yang sudah pernah bekerja di Korea selatan lebih dari 5 tahun namun mendaftar, HRD korea atau Imigrasi Korea Selatan akan menolak berkas pelamaran tersebut.

Lowongan kerja Korea yang tersedia

Ada beberapa sektor yang sudah disediakan untuk calon karyawan khususnya dari Indonesia, yaitu :

  • Sektor perikanan
  • Sektor jasa
  • Sektor konstruksi
  • Sektor manufaktur
  • Sektor agriculture atau livestock

Khusus untuk seseorang yang sudah pernah bekerja di korea dan ingin kembali bekerja di sektor  semula seperti waktu pertama calon pekerja di tempatkan di korea, sebaiknya pelamar memilih jenis sektor yang sama sebagai bahan  pertimbangan pihak penyedia lowongan kerja Korea.



Setelah melakukan pendaftaran, calon pekerja akan diminta untuk melakukan pembayaran biaya ujian dengan biaya yang disesuaikan. Pembebasan biaya ujian akan dilakukan pada pendaftar yang memiliki salah satu sertifikat pelatihan HRD Korea yaitu :



  • Setifikat pelatihan keterampilan kerja
  • Sertifikat pelatihan bahasa korea
  • Sertifikat TOPIK level 3 atau lebih

Metode pembayaran biasanya akan dilakukan dengan kode bayar yang sudah tersedia di cetakan pra pendaftaran online. Anda bisa melakukan pembayaran cia Atm BRI, internet banking atau dengan dating ke teller bank BRI melalui Brinets Express.

Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran dan melampirkan bukti pembayaran pada kode bayar terlampir.

Hanya peserta yang sudah melakukan pembyaran yang bisa mendaftar. Dan apabila pendaftar mengundurkan diri dan telah membayar administrasi, pendaftar tidak akan mendapat pengembalian uang pendaftaran.

Ujian akan dilakukan di lokasi yang sudah ditentukan, sampai saat ini lokasi pengujian dilakukan di Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center atau KITCC.

Sedangkan untuk bentuk ujian akan dilakukan dengan basis computer atau peserta calon pekerja mengerjakan soal ujian menggunakan computer.

Anda dapat mengakses website resmi BNP2TKI untuk informasi pengumuman kelulusan.

Gambaran tes calon pekerja Korea

Calon pekerja akan mendapatkan soal pilihan ganda dan juga ujian mendengar serta membaca tanpa jeda. Walaupun demikian, calon pekerja juga harus mempersiapkan :

  • Kartu identitas
  • Paspor atau tanda pengenal yang digunakan saat mendaftar
  • Kartu ujian yang sudah diperoleh saat pendaftaran.

Hal yang perlu di perhatikan ketika hendak berangkat bekerja di korea

Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan ketika sudah bekerja di Korea. Selain kebudaya’an yang berbeda, cuaca di negara Korea juga sangat berbeda dibanding dengan Indonesia. Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan jika Anda sudah positif berangkat ke korea.

Bahasa

Bahasa memang sangat penting untuk mengetahui situasi atau kondisi suatu tempat. Dengan menyesuaikan bahasa setempat, Anda bisa berkomunikasi dengan baik. Perhatikan setiap kata yang akan digunakan. Biasanya sebelun calon pekerja berangkat ke korea, umumnya calon pekerja akan dibekali minimal 2000 kata umum yang sering digunakan.

Gaya hidup

Gaya hidup Anda sebaiknya menyesuaikan ketika sudah di Korea. Hal itu dilakukan supaya lebih mudah beradaptasi atau menyesuaikan kebudaya’an mereka.

Makanan

Lidah orang Korea dan Indonesia memang sangat berbeda. Oleh karena itu, Anda juga perlu membiasakan mengkonsumsi makanan korea. Selain itu, bagi muslim, Anda juga perlu berhati-hati ketika hendak mengkonsumsi makanan Korea, karena banyak pula makanan yang tidak di anjurkan untuk dimakan untuk seseorang muslim.

Hindari memberikan uang tip atau bonus

Ketika Anda sedang berkunjung ke suatu tempat seperti restauran atau hotel Korea, hindari memberikan uang tip. Sebab karyawan disana sudah memiliki upah yang besar. Dan rata-rata orang Korea yang bekerja merasa di rendahkan ketika diberi uang tip. Namun jika Anda tetap ingin memberikan uang tip, perhatikan adab atau tata cara yang sesuai dengan kebudaya’an orang Korea, jangan sampai menyinggung.


Jangan memainkan sumpit ketika makan

Alat bantu makan di Korea adalah sumpit, jika di Indonesia Anda memiliki kebiasa’an memainkan makanan dengan sendok atau garpu, jangan dilakukan di Korea dengan sumpit. Sebab hal itu diartikan sebagai menghina terutama jika Anda menancapkan sumpit pada makanan, mengingat orang korea beribadah menggunakan dupa.

Itulah beberapa syarat kerja di Korea serta tips dan gambaran untuk bekerja disana. Semoga bermanfa’at. Jangan lupa share melalui media  sosial kepada rekan-rekan Anda supaya artikel berikut lebih bermanfa’at.